fbpx
Menu Close

Madu Sebagai Sabun Cuci Muka

Madu dikenal bukan hanya sebagai makanan, namun juga sebagai bahan untuk perawatan kulit dan rambut. Madu merupakan makanan manis yang di produksi oleh lebah dari nektar bunga. Madu kaya akan enzim, mineral, dan vitamin yang sangat di butuhkan oleh tubuh.

Lebah madu akan mengumpulkan nektar bunga dan akan di simpan di perut mereka. dalam perjalanan menuju sarang, lebah akan menambahkan invertase pada nektar tersebut. kemudian lebah akan menyimpan nektar tersebut pada sarang mereka dengancara memuntahkannya.

Madu yang di simpan tersebut masih banyak mengandung air dan ragi. namun lebah tidak membiarkan madunya berfermentasi. lebah akan mengibaskan sayap mereka untuk meningkatkan penguapan air dari nektar. Proses penguapan ini akan meningkatkan kadar gula dan mencegah terjadinya fermentasi. setelah itu sel sel sarang lebah akan di segel.

Lebah memproduksi madu untuk di jadikan sebagai cadangan makanan selama musim dingin atau selama makanan sulit di temukan. para peternak lebah akan memanen madu pada saat musim gugur, mereka akan menyisakan sedikit untuk lebah bertahan hidup selama musim dingin.

Setelah di panen, madu akan di panaskan dan di saring sebelum di amsukkan ke dalam stoples. di dalam sarang lebah terdapat satu ratu lebah, yaitu lebah yang lebih besar daripada lebah umumnya. selain itu juga terdapat lebah jantan (drone) sekitar 300-3000 ekor. lebah lebah jantan ini tidak berfungsi, mereka tidak melakukan apapun selian membuahi ratu lebah. sisanya terdapat 20.000-40.000 lebah betina, lebah betina ini berfungsi untuk bekerja mengumpulkan nektar.

Setiap harinya ratu lebah akan di kawinkan dengan beberapa lebah jantan, ratu lebah akan menghasilkan sekitar 2000 butir telur setiap harinya. para lebah jantan setelah membuahi ratu akan mati, setelah itu mereka akan di buang dari sarang. serta mereka tidak memiliki penyengat.

Madu merupatan cairan gula jenuh yang memiliki komponen utama fruktosa, glukosa dan air. selain itu, madu juga memiliki kandungan mineral, enzim, polifenol, vitamin dan asam amino. madu memiliki kandungan asam organik seperti formik, asetat, butirat, sitrat, laktat, malat, piroglutamat, propionat, valerik, kapronik, palmitat, suksinat dan lain lain.

Anda mungkin pernah mendengar masker atau scrub tubuh dengan bahan madu. Namun, bagaimana jika menggunakan madu sebagai ganti sabun pembersih wajah? Ini sangat bisa dilakukan. Namun pertama-tama, gunakanlah madu mentah.

Madu yang Anda temui di supermarket sudah diproses berulangkali sehingga kandungan enzim, probiotik, dan anti-bakterinya juga sudah hilang. Padahal, zat-zat itu merupakan kunci dari manfaat madu.

Madu mentah berwarna keruh, tidak kuning bening seperti karamel. Selain itu di permukaannya masih ada buih keruh. Jika ingin mencarinya, Anda bisa ke pasar atau membeli secara online.

Manfaat Madu Untuk Wajah

  1. Madu membersihkan kotoran dari wajah tanpa mengangkat minyak alami wajah, tidak seperti sabun wajah yang menghilangkan minyak seluruhnya dari wajah.
  2. Anti-bakteri dan probiotik dari madu mentah secara efektif mengurangi dan mencegah munculnya jerawat di wajah.
  3. Lembut di kulit sehingga aman bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.
  4. Sifatnya menyeimbangkan kadar minyak dan melembutkan kulit, sehingga bisa digunakan di kulit berminyak maupun kering.

Untuk mencuci wajah, Anda tinggal ambil setengah sampai satu sendok teh madu, hangatkan di tangan Anda. Tambahkan sedikit air jika terlalu lengket, lalu oleskan secara lembut pada wajah.

Setelah itu, bilas dengan air hangat, dan keringkan. Untuk hasil optimal, Anda bisa mendiamkan madu yang sudah dioles pada wajah selama 10 menit.

Sudah taukan manfaat madu selain untuk minuman kesehatan. Semoga informasi Madu Sebagai Sabun Cuci Muka bermanfaat untuk anda. Jika ada kesalahan informasi atapun sumber pada tulisan diatas. Silahkan konfirmasikan kepada kami melalui kolom komentar atau acount sosial media kami.

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *