Menu Close

Kunyit untuk Kesehatan dan Obat Berbagai Penyakit

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Sebagai penggemar kuliner tentu mengenal dengan kunyit. Tumbuhan yang sering didengar untuk bumbu masakan ini biasanya banyak tumbuh di wilayah India dan negara-negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Kunyit mengandung senyawa aktif berwarna kuning yakni curcumin, yang biasa dijadikan pewarna makanan dan bumbu pada masakan.

Selain sebagai bumbu masakan atau sebagai rempah-rempah ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan yang sudah sejak dulu digunakan nenek moyang sebagai pengobatan.

Kandungan aktif curcumin itu merupakan antioksidan alami dan zat antiinflamasi yang membantu meningkatkan resistensi sel terhadap kerusakan, infeksi, peradangan, memperlambat proses penuaan.

Bahkan mencegah beberapa penyakit degeneratif. Dan berikut manfaat kunyit untuk kesehatan dan obat berbagai penyakit, dirangkum dari berbagai sumber.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Menyembuhkan arthritis atau nyeri sendi

Salah satu klaim penyembuhan kunyit adalah kandungan antiinflamasinya. Dalam dosis yang tepat, curcumin bisa lebih efektif ketimbang obat pereda radang seperti ibuprofen dan aspirin. Penyakit peradangan kronis yang dapat diobati dengan kunyit antara lain radang usus dan arthritis seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Mencegah penyakit jantung

Curcumin bisa melindungi melawan menurunnya fungsi organ akibat proses penuaan sehingga bisa mencegah risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Namun masih dibutuhkan lebih lanjut mengenai efektivitas dan keamanan mengonsumsi kunyit jangka panjang sebagai alternatif pengobatan penderita penyakit jantung.

Mencegah kanker

Curcumin dapat mencegah dan bahkan dianggap bisa mengobati berbagai jenis kanker seperti usus besar, pankreas, prostat, payudara, dan perut. Senyawa antiinflamasi yang terkandung dalam curcumin dapat menekan pertumbuhan tumor dan kanker. Curcumin dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit yang merusak sel akibat radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif.

Membantu mengendalikan diabetes

Curcumin mampu menurunkan kadar glukosa yang dipercaya bisa mencegah diabetes tipe 1 dan 2. Hal tersebut berkat kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang menekan kadar insulin serta menstabilkan gula darah dan lemak darah (hiperlipidemia).

Mencegah Alzheimer

Kunyit bisa meningkatkan kesehatan otak dengan melawan penyakit degeneratif seperti demensia dan Alzheimer. Meski hingga kini belum ditemukan obat untuk Alzheimer, namun kunyit setidaknya bisa membantu mencegah seseorang terkena penyakit tersebut.

Dari banyaknya manfaat dari tanaman kunyit tentunya tidak heran, kunyit banyak digunakan sebagai bahan baku jamu atau obat tradisional untuk berbagai penyakit. Apalagi tanaman ini memang dipercayai akan khasiatnya sejak dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *